Senin

Seni Kerajinan Tangan Dari Daur Ulang Sampah | Pengolahan Sampah | Pengelolaan Sampah

Helo sobat pecinta seni dan lingkungan hidup di seluruh dunia, salam kenal dari Nyoman Subandi seorang Seniman Sampah. Perkenalkan nama saya Nyoman Subandi dari Ubud Bali. Saya bekerja mendaur ulang sampah menjadi barang-barang seni kerajinan tangan yang fungsional. Seperti seni kerajinan tangan untuk celengan, tempat permen, tempat coin dll. Bahannya semua dari sampah yang saya dapatkan dari pingir jalan, sungai, selokan, tempat pembuangan sampah, dll.

Sampah-sampah tersebut saya olah secara traditional, tanpa zat kimia dan mesin-mesin yang menyebabkan polusi lingkungan. Karena bahan-bahannya terbuat dari sampah maka saya menyebutnya sebagai "Seni Daur Ulang Sampah atau Recycled Rubbish Art" dan saya menobatkan diri menjadi seorang "Seniman Sampah" alias "Subandi Seniman Sampah" ha ha ha...julukan yang aneh...?.

Kenapa saya membuat seni kerajinan tangan dari sampah? Karena bahannya melimpah disekitar kita dan gratis tentunya he he he....Disamping itu tujuan utama saya adalah membersihkan lingkungan kita dari sampah-sampah yang mengganggu kelestarian alam kita ini.

Nah photo2 di bawah adalah proses pembuatan seni kerajinan tangan dari sampah, yang diambil saat pembuatan film dokumenter tentang lingkungan hidup oleh sebuah yayasan dari Australia yang bergerak di bidang pelestarian lingkungan hidup. Film ini akan diputar di sekolah-sekolah untuk pendidikan lingkungan hidup bagi anak-anak. Awalnya film ini hanya akan diputar untuk pendidikan anak-anak saja tetapi saya sarankan juga agar diputar buat orang dewasa karena menurut pengamatan saya bahwa sebenarnya orang dewasalah (kita-kita ini) yang sering buang sampah sembarangan...he he he.

Buat yang mau tahu lebih jauh tentang seni kerajinan tangan dari sampah & ingin belajar bikin seni kerajinan tangan dari sampah silahkan hubungi saya di: jumpadifrog(at)gmail.com atau Hp: 081338494448
Alamat: Pondok Frog, Jl.Monkey Forest, Padang Tegal, Ubud, Gianyar, Bali 80571

Bahan-bahan yg aq pake buat seni daur ulang sampah



Proses Pembuatan Seni Kerajinan Tangan Dari Sampah





Menerangkan Macam-Macam Produk Dan Kelebihan Kerajinan Tangan Dari Sampah


Wawancara Tentang Kerajinan Tangan Dari Sampah Setelah Shooting Film Dokumenter

9 komentar:

  1. merdeka nyoman! rubbish art ide bagus saya dukung selamat berkreatipitas selamat bekerja

    BalasHapus
  2. kwkwkwkw pak nyoman..., ternyata memang enak BAB sambil merokok atau baca koran jadine saru...sing bengong di WC...kwkwkwkw

    BalasHapus
  3. Hebat, sy kagum atas kreativitasmu Bli. Teruskan berkarya..

    BalasHapus
  4. Hebat.
    Sayapun bersampah ria.Samapah styreofoam untuk lampu hias.
    Tengoklah diriku di http://tokolampuhias.blogspot.com

    BalasHapus
  5. hello Bli, keren2 bli, kalo mau dijual yang go international coba ke warung bali - love bali, semoga sukses dan dapat meningkatkan penjulan produk2 bli
    http://warungbali.blog.friendster.com/

    suksma bli

    BalasHapus
  6. buat sobat pecinta seni dan lingkungan hidup di seluruh dunia: terima kasih atas sport dan saran2nya. mari sambut 40th Earth Day 2010, April 22nd – April 25th, 2010, Place : The environment of Bali Safari & Marine Park

    Kebetulan aq diundang untuk mendemokan karyaku disana....

    BalasHapus
  7. Bagoes sekali mas, teruskan perjuangannya..

    BalasHapus
  8. makasi kawans atas kunjungannya di blog gembel ini he he he!!!

    BalasHapus